Ritna Sari : Mahasiswa Terbaik Ilmu Hadis

Ritna Sari adalah mahasiswa IAIN Pekalongan dari Jurusan Ilmu Hadis yang berada dibawah naungan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah.

Ritna Sari merupakan wisuda terbaik ilmu hadis dari 5 (lima) wisudawan yang dilantik. Ritna, sapaan akrabnya lulus di semester 9 (sembilan). Penyusunan skripsi membutuhkan waktu 6 (enam) bulan. pengajuan judul dilakukan sat semester 7 (tujuh).

Judul skripsi Ritna tentang “Pemikiran Abdul Zulfikar AKH tentang Ingkar Sunnah dalam buku debat terbuka Ahlussunah vs Ingkar Sunnah. karena tema ingkar sunnah berangkat dari fenomena yang terjadi di buku itu. selain, buku itu hanya ada konsep pemikirannya.

Lulus dengan ipk 3,83 Ritna memiliki trik jitu untuk mempertahankanya. Dengan mengerjakan tugas sesuai dengan kemampuan.

Alasan Ritna masuk IAIN Pekalongan dan memilih jurusan Ilmu Hadis (IH) yang pertama keterbatasan finansial, kedua tidak diijinkan untuk kuliah diluar kota dan memilih jurusan IH karena merasa cocok dalam bidang hadis.

Susah senang selama di jurusan IH. Ritna memang memiliki backround pendidikan formal MAS. Tetapi, masih mengalami sedikit hambatan karena mata kuliah yang ada IH lebih rinci. Selama kuliah Ritna menjalin hubungan persaudaraan yang baik dengan teman-teman seangkatan karena satu angkatan terdiri dari 10 (sepuluh) mahasiswa.

“Pengalaman akademik yang paling berkesan. Mengikuti mata kuliah ilmu rijal. Membedah hadis sampai sanad terdahulunya, walupun tugasnya sudah terarah tetapi dengan waktu terbatas. membuat kesan tersendiri bagi saya,” Ungkap Ritna.

Target 10 (sepuluh) tahun kedepan bagi Ritna adalah melanjutkan pendidikan formal ke jenjang lebih tinggi sampai doktor. (SR/IQ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *