Semarak Hut RI ke-74 di IAIN Pekalongan

Pekalongankpipekalongan.com Upacara peringatan HUT RI ke-74 dan paper mop yang diadakan setelah kegiatan PBAK di Kampus 2 IAIN Pekalongan, Rowolaku, Kajen (17/8).

Upacara peringatan HUT RI ke-74 yang diselenggarakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) IAIN Pekalongan merupakan rangkaian kegiatan PBAK tahun 2019. Dengan mempertimbangkan jumlah mahasiswa baru (Maba) yang banyak pada tahun ini.
“Upacara HUT RI ke-74 diikuti oleh seluruh pegawai, dosen, dan Maba IAIN Pekalongan,” tutur Ade Dedi Rohayana Rektor IAIN Pekalongan.

Seragam yang dikenakan oleh Maba pada kegiatan ini sangat unik dan berbeda dari biasanya. Karena memakai kemeja putih dan celana hitam dengan memakai sarung batik yang dilipat kemudian dililitkan dipinggang bagi mahasiswa dan atasan putih serta rok batik bagi mahasiswi.

“Rok batik dan sarung batik yang dikenakan mahasiswa baru upaya menunjukkan ciri khas Kota Pekalongan, sebenarnya mau memasukkan ke Rekor MURI. Tetapi, untuk saat ini belum bisa terlaksana”, ungkap Ade.

Tidak hanya upacara untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia, panitia menyelenggarakan paper mop yang sudah di rencanakan dengan matang dari jauh-jauh hari. Dan konsep tahun ini berbeda dari tahun kemarin agar lebih sukses dalam pelaksanaan.
Paper mop tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena pada tahun ini paper mop sudah dikonsep dari jauh-jauh hari,” tutur panitia tim kreatif.

Paper mop tahun ini memiliki banyak formasi. Formasi ini sendiri melambangkan dies natalis IAIN Pekalongan yang ke-22 tahun pada tahun ini, sekaligus formasi terbanyak PTKIN se-Jawa Tengah. Ada berbagai macam bentuk dalam formasi ini salah satunya Museum batik, rumah wayang, batik jlamprang, logo IAIN.
“Paper mop tahun ini memiliki 22 formasi yang melambangkan dies natalis IAIN Pekalongan Ke-22, dan termasuk formasi terbanyak PTKIN se-Jawa Tengah. Salah satu tujuannya sendiri adalah untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme Maba,” Ungkap Presiden DEMA.


Tingkat perencanaan yang matang membuat keberhasilan dalam paper mop ini hampir mancapai sempurna. Walaupun masih ada beberapa kesalahan dalam formasi ini, karena masih ada Maba yang kurang konsentrasi saat melaksanakan paper mop.
” Tingkat keberhasilan paper mop tahun ini adalah 99%, konsep sudah matang sebenarnya hanya saja atadi saat pelaksanna masih ada beberapa kesalahan,”ungkap panitia. (Sr/Ym)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *