Festival Durian Lolong 2019, 1000 Durian Dibagikan Gratis


Pekalongan. – kpipekalongan.com – Memasuki tahun ke-9 diadakannya Festival Durian Lolong, sebanyak 1000 durian dibagikan secara gratis kepada pengunjung Festival Durian Lolong. Sabtu (09/02). Festival yang diadakan di desa Lolong Kecamatan Karanganyar ini rutin dilaksanakan setiap tahun kecuali tahun 2017 dikarenakan banyaknya petani durian yang gagal panen. 


Demi menyukseskan acara, persiapan yang dilakukan pun dari jauh-jauh hari. Panitia mengkoordinir setiap petani durian di Kabupaten Pekalongan, dan melibatkan masyarakat secara penuh dalam pesta durian ini. Pemerintah juga memfasilitasi berbagai hal terkait dengan kelancaran acara mulai dari lomba dan kontes yang diadakan, hingga kirab sampai hiburan juga turut dihadirkan, termasuk keamanan,” tutur Bambang Purwanto selaku Ketua Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata.

Selain merayakan panen sebagai tanda syukur, Festival ini juga bertujuan mempromosikan kearifan lokal melalui pariwisata panorama Kabupaten Pekalongan yang mana masyarakat bisa berwisata dengan murah dan sambil menikmati durian sebagai produk lokal kualitas internasional.

“Saya berharap durian kualitas unggul yang ada di Kabupaten Pekalongan harus dipertahankan dan ditingkatkan terutama di Lolong ini. Jenis durian yang baru akan segera ditanam di Pekalongan,  karena tanah Pekalongan ini sangat cocok untuk ditanami pohon durian. Dengan acara ini semoga mampu mengangkat destinasi wisata Lolong yang sudah bagus ini untuk lebih ditingkatkan lagi dan untuk selanjutnya acaranya lebih besar lagi, tutur Asip Kholbihi selaku Bupati Pekalongan dalam sambutannya.
Sebanyak 15.000 pengunjung hadir, bukan hanya dari Kabupaten dan Kota Pekalongan, masyarakat Batang hingga Tegal pun turut hadir dalam Festival ini.

Acara ini sangat terkenal, apalagi sekarang sudah zamannya sosial media. Bagi pencinta durian seperti saya ini berkat sosial media saya tahu acara ini dan datang kesini membawa keluarga berwisata sambil menikmati dan membeli oleh-oleh durian,” ujar Sopandio pengunjung dari Tegal.

Semoga dengan diadakannya acara Festival Durian rutin setiap tahunnya, dapat menjadikan Kabupaten Pekalongan semakin dikenal masyarakat melalui kualitas durian dan pariwisatanya sehingga dapat pula meningkatkan perekonomian Kabupaten Pekalongan. (dnd/wdy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *